Minggu, 14 Juni 2009

Prosedur Kerja Produksi Pembuatan Film

Film-film yang sering kita lihat di televisi selama beberapa menit saja, ternyata memiliki proses yang begitu panjang dan rumit. Banyak yang harus dilakukan oleh pembuat film. Secara umum terdapat 13 kerja prosedur dari pembuatan film, yaitu:
1.Membuat working scedule
Ini merupakan proses perencanaan pembagian kerja dan pelaksanaannya. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi hambatan saat proses syuting dilakukan
2.Membuat script breakdown sheet
Assisten sutradara I dan manajer Produksi bekerja sama untuk membedah skenario menjadi script breakdown, yakni catatan formulir produksi yang berisi uraian mengenai segala hal yang dibutuhkan sebuah scene. Assisten sutradara I mengupas scene per scene dengan pertimbangan bahwa sutradara yang telah membuat rancangan pengambilan gambar sudah sesuai dengan Director’s threatment.
3.Membuat script breakdown
Script breakdown merupakan hasil pengumpulan script breakdown sheet dengan menampilkan informasi-informasi pentingnya.
4.Membuat production run down
Setelah menata script breakdown, maka sutradara I dan produsen kembali menata scene by scene yang dikelompokkan sesuai dengan lokasi yang sama dan waktu yang berhubungan
5.Membuat breakdown budget
Membuat perincian biaya per departemen secara detail meliputi status ketersediaan barang seperti beli atau sewa, jumlah unit, biaya rata-rata, harga total biaya, dll.
6.Merekap budget produksi
Setelah perincian keuangan per departemen selesai, maka bagian keuangan merekap seluruh kebutuhan dana.
7.Melengkapi perijinan danlokasi
Parijinan penggunaan lokasi harus diatur dengan baik, agar tidak mengganggu jalannya pembuatan film.
8.Membuat kontrak kerja
Pembuatan kontrak kerja ini sangat penting, agar ada keprofesionallan rekan kita dalam bekerja. Serta dari kontrak kerja tersebut, ada suatu kepastian upah dan kompensasi yang ditanggung.
9.Memesan logistik
10.Menyiapkan transportasi
11.Mengadakan casting
12.Menyiapkan call sheet
13.Melengkapi properti dan set

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

give me ur response please...

Loading...